Wednesday, June 2, 2010

Petualangan Tom Sawyer

Tom Sawyer adalah seorang anak laki-laki yang sangat menyukaipetualangan. Pada suatu malam ia melarikan diri dari rumah, lalubersama temannya yang bernama Huck pergi ke pemakaman. "Hei, Huck!Kalau kita membawa kucing yang mati dan menguburnya, katanya kutil kitabisa diambil. " "Benar. Serahkan saja padaku! Masa'sih begitu sajatakut. "

" Hei , tunggu! Ada orang yang datang! Tom dan Hucksegera bersembunyi. "Bukankah itu dokter dan Kakek Peter? Dan itu siIndian Joe..." Kemudian Dokter dan Kakek Petter mulai bertengkar karenamasalah uang. Untuk mendapatkan mayat, Dokter harus melakukanpenggaliannya berdua. Lalu Kakek Petter mulai menaikkan harga, tetapiDokter menolak. Kemudian Kakek Petter dipukul oleh Dokter hinggaterjatuh. Setelah itu, si Indian Joe memungut pisau yang dibawa KakekPetter dan melompat menyerang Dokter. Brukk!

Si Indian Joemembunuh Dokter, lalu pergi membawa lari uang itu. Keesokan harinyaDokter ditemukan meninggal dunia di pemakaman itu, dan orang-orang kotamulai berkumpul. "Ini adalah pisau Kakek Petter. Jadi, Kakek yangmembunuh Dokter." "A... aku tidak bisa mengingatnya dengan jelas..."Apa!? Aku telah melihat Kakek Petter membunuh Dokter." " Memang benar,pembunuhnya adalah Kakek Petter.

Kemudian Kakek Petter ditangkapdan dimasukkan ke dalam penjara. "Wah... padahal pembunuh yangsebenarnya adalah si Indian Joe." "Tetapi, kalau kita mengatakan halitu, si Indian Joe akan balas dendam dan membunuh kita... " Beberapahari telah berlalu, dan semua orang tela.h melupakan kejadian itu. Padasuatu hari Tom bertengkar dengan Becky, gadis yang disukainya disekolah. "Apa-apaan. Aku benci sama Tom."

Tom yang dimarahi olehBecky merasa patah hati. Lalu temannya yang bernama Joe berkata, "Baikdi rumah maupun di sekolah aku sudah tak diperlukan. Tom, kitamelarikan diri saja, yuk! " Tom dan Joe mengajak Huck, mereka bermaksudhidup di sebuah pulau di tengah-tengah sungai. "Yahooo! Kalau begini,kita seperti bajak laut, ya! "Kita tak perlu pergi ke sekolah."Ketiganya menyeberangi sungai dengan rakit yang dibuatnya, dan merekaseharian bermain. Ketika mulai lapar, mereka pun makan telur goreng danapel.

Keesokan harinya ketika mereka sedang bermain,tibatiba.... duaaar! Air sungai menyembur ke atas. "Oh, itu adalahisyarat dari seseorang yang sedang mencari orang yang tenggelam. "Orang-orang kota mengira Tom dan Joe tenggelam di sungai, lalu merekapun datang untuk mencari. " Mungkin saat ini Bibi Polly sedangmengkhawatirkanku. Di tengah malam Tom berenang menyeberangi sungai,kembali ke rumahnya untuk melihat keadaan. Ketika Tom mengintip darijendela, dilihatnya Bibi Polly dan Ibu Joe sedang menangis. "Semuanyameninggal dunia, ya..."

Kemudian Tom kembali ke pulau danmenceritakan hal itu pada Huck dan Joe. Mereka sangat terkejut.Akhirnya, mereka sepakat untuk pulang pada hari upacara pemakamanmereka. "Wah, Tom! Kamu pulang, ya.' "Joe, syukurlah kamu pulang denganselamat." Semuanya gembira atas kepulangan mereka. Beberapa harikemudian pengadilan Kakek Petter dimulai. Di pengadilan Kakek Petterditetapkan sebagai pembunuh, dan ia akan dihukum mati. Untukmembebaskan Kakek Petter, Tom memberanikan diri menjadi saksi."Pembunuh yang sebenarnya adalah si Indian Joe itu. "Kami telah melihatkejadian yang sesungguhnya." Si Indian Joe yang mendengar hal inisegera melompat dari jendela. Praaang! Ia melarikan diri. Kakek Pettermerasa sangat gembira karena jiwanya tertolong. "Tom, terima kasihbanyak. Begitu pengadilan berakhir, kota kembali pada kehidupannyasemula. Pada suatu hari Huck dan Tom pergi ke sebuah rumah yang takberpenghuni. Ketika keduanya sedang mencari sesuatu di tingkat dua,tiba-tiba seseorang masuk ke dalam rumah. "Ooh! Si Indian Joe bersamasahabatnya, si pencuri! "

Untuk menyembunyikan uang yang telahdicurinya, para pencuri itu mulai menggali lantai. Dan... criing!Mereka mengeluarkan kotak emas. "Hyaaa! Harta karun yang banyak!"Baiklah, kita pindahkan persembunyiannya lalu kita beri tanda dengankayu ini. " Si Indian Joe juga mulai naik ke tingkat dua, untukmemeriksa. "Bagaimana, nih? Kalau ketahuan, pasti kita dibunuholehnya..." Praaak! Gedebug! Karena papan tangganya sudah lapuk, ditengah-tengah tangga si Indian Joe terjatuh. Tom dan Huck pun merasalega.

Beberapa hari telah berlalu. Pada suatu hari Huckmengikuti Indian Joe dan temannya sendirian. "Apakah mereka maumenyembunyikan emasnya?" Tetapi, Indian Joe dan temannya bermaksudmenyerang rumah Nyonya Douglas. "Gawat! Aku harus cepat-cepatmemberitahukannya pada seseorang! " Karena pemberitahuan Huck, orangyang rumahnya bertetangga dengan Nyonya Douglas segera membawa senapandan menembak para pencuri itu. Door! Door! Indian Joe dan temannyasangat terkejut, lalu mereka melarikan diri. " Sudah tidak apa-apa,kok!! "Ini semua berkat Huck. Terima kasih atas pemberitahuannya, ya! "

Dilain pihak Tom, Becky, dan teman-temannya pergi berpiknik bersama-sama.Tetapi, Tom dan Becky tersesat di sebuah goa. Mereka tak tahu jalanpulang. Tiba-tiba, muncul asap membumbung mengelilingi keduanya."Kyaaa! Tom, aku takut!" "Oh, ada seseorang! " Tiba-tiba muncullahsosok Indian Joe di depan Tom dan Becky. Saking terkejutnya,sampai-sampai keduanya sulit untuk bemafas. "Waaaw! Ayo, lari! Dengancepat, Tom dan Becky berlari hingga keluar dari dalam goa. Akhimyamereka pulang.
Bibi Polly yang khawatir sangat gembira dengankepulangan kedua anak itu. Ketika Tom pergi bermain ke rumah Becky,ayah Becky berkata, Tom karena goa itu berbahaya, sebaiknya ditutupsaja. "Ya... tetapi di situ ada Indian Joe. Ketika semuanya pergi kesana, temyata Indian Joe jatuh pingsan di pintu masuk goa. la tersesat.Kemudian mereka menutup pintu masuk goa, dan menjebloskan Indian Joe kedalam penjara. "Temyata Indian Joe menyembunyikan emasnya di atas batuyang terletak di dalam goa ini dan telah diberi tanda. " Tom dan Huckmasuk ke dalam goa dengan melewati jalan rahasia. Ketika merekamenggali batu yang sudah diberi tanda, mereka melihat emas yangdisembunyikan kedua orang pencuri itu.

"Horee dengan harta ini,kita akan menjadi kaya!" Saat Tom dan Huck pulang, Nyonya Douglas yangtelah ditolong oleh Huck mengadakan pesta untuk menyambut mereka.

"PetualanganTom Sawyer" adalah cerita yang diangkat dari kisah di Mississipi,Amerika. Menceritakan tentang pemuda nakal, bernama Tom dan sahabatnya,Huck. Inti ceritanya ada di tengah-tengah cerita, sehingga menjadi danmudah dimengerti.

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes