Saturday, April 9, 2011

Berani Berubah untuk Sukses

Apakah Anda ingin sukses ? Jika kita ditanya pertanyaan ini, maka saya yakin, semua dari kita pasti menjawab : “Ya.. Semua orang pasti ingin sukses !” Betul, karena sukses adalah naluri setiap manusia yang lahir di muka bumi ini. Tapi pertanyaan berikutnya adalah : “ kalau semua orang ingin sukses, kenapa masih lebih banyak orang yang tidak sukses?” Ok … mari kita cari jawabannya sama-sama.

Survei membuktikan, 2 faktor penyebab utama orang tidak bisa sukses, adalah karena mereka enggan berubah atau terlalu lambat untuk berubah. Dunia terus berubah, bahkan saat ini perubahan terjadi sangat-sangat cepat. Jadi kalau kita tidak siap berubah, maka kita akan ketinggalan atau bahkan mengalami kegagalan. Untuk meraih sukses pada zaman ini, kita harus cepat beradaptasi dan cepat untuk berubah.

Dunia berubah, cara cari uang juga berubah, apa yang efektif di tahun 2009 belum tentu efektif untuk tahun 2010. Saat ini kita hidup di Era Konseptual, perubahan terjadi sangat cepat, bahkan setiap jam, menit, maupun detik. Orang yang bisa sukses adalah orang yang punya konsep yang unik dan punya kemampuan komunikasi yang hebat. atau biasa saya sebut sebagai kemampuan untuk menyakinkan orang lain. Kualitas bukan lagi nomor satu (kualitas saja tidak cukup-red). Kita bisa melihat begitu banyak produk yang bagus, tetapi tidak laku di pasaran. Tetapi produk yang kelihatannya biasa-biasa saja, malah bisa laku keras. Jawabannya adalah mereka punya konsep yang unik dan bisa menkomunikasikan pesannya dengan cepat ke pasaran, sehingga tepat sasaran sesuai target marketnya.

Di Era Konseptual ini, orang yang bisa berhasil adalah orang yang mempunyai konsep yang unik, bahkan mungkin terkesan ‘aneh’ atau ‘nyeleneh’. Kita lihat banyak band dengan suara “vocal” yang bagus tidak berhasil, tapi malah band yang lupa pada liriknya atau dengan lirik yang diulang-ulang itu yang laku di pasaran. Jadi kesimpulannya adalah “harus unik” dan bisa menkomunikasikan ide kita kepada orang lain.

Di era informasi ini, kita bisa mendapatkan segala informasi dengan sangat cepat, bahkan seolah dunia ada di gengaman kita. Kita bisa dapat informasi apa saja , hanya dengan search di Google, sehingga pada saat ini, kita semua punya kesempatan yang sama untuk meraih sukses, asal kita jeli dan siap untuk berubah alias cepat mengikuti perkembangan zaman. Dengan adanya internet, pemilik Facebook, yang bernama Mark Zukerberg(26 tahun) yang merupakan mahasiswa drop out, telah menjadi orang paling kaya termuda di dunia dengan total kekayaan lebih dari Rp. 10 triliun. Karena Facebook saat ini memiliki lebih dari 500 juta pengguna (user) diseluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, sudah lebih dari 28,8 juta pengguna saat ini (Sept 2010).

Apakah Anda siap mengikuti perubahan zaman, terutama saat ini kita hidup di Era Konseptual, ingat ide dan konsep yang unik yang akan membuat kita berhasil, dunia internet berkembang dan bersaing begitu ketat, kita lihat contohnya : Friendster, yang begitu diminati beberapa tahun lalu, tetapi setelah munculnya Facebook, karena tidak siap dan kurang cepat melakukan perubahan, Friendster langsung kalah bersaing dan tertinggal. Tetapi kita lihat yang siap berubah dan cepat tanggap tetap bisa bertahan seperti Google, Yahoo, Youtube, dll.

Begitu juga, saat ini kita hidup dalam lingkungan yang berkembang cepat sekali, yang tidak bisa kita hindari dari perkembangan teknologi dan Social Media, kita hidup dalam lingkungan yang menuntut untuk selalu up-to-date. Dengan teknologi smartphones yang semakin canggih (BlackBerry, iPhone, Androit, dll) maka kita bisa mengakses informasi dan mengikuti perkembangan dari Facebook, Twitter, Foursquare, dll hanya dari ponsel kita, so dunia benar-benar hanya didalam gengaman kita. Tinggal apakah kita siap memanfaatkannya ? Berubah atau ketinggalan alias gagal.

Kesimpulannya, dalam era informasi yang begitu canggih dan cepat berubah, semua orang bisa mengakses informasi yang sama dengan cepat, sehingga mempunyai informasi saja tidak menjamin kesuksesan kita, untuk sukses kita harus selalu updates, siap berubah dan bertindak cepat. Jadi yang dibutuhkan adalah sikap mental kita untuk cepat beradaptasi dengan perubahan, sikap yang terbuka untuk belajar dan bekerja sama dengan orang lain, terutama di era konseptual ini, ide atau konsep yang terpenting, dan tentunya harus bisa komunikasikan dan bekerja sama dengan baik dengan orang-orang disekitar kita, so itu yang akan membuat kita sukses luar biasa. Berani Berubah untuk Sukses !

Semoga bermanfaat dan Salam Hebat Luar Biasa !

Artikel Terkait:

1 comments:

Free Antivirus Download For Windows said...

Informative blog. Thanks for sharing. We are also sharing our website http://www.solvewin.com for more Free Virus Solutions and Download. If you have any experience in virus solution, important windows related tips or latest computer related news please e-mail and share with us.

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes