Sunday, April 10, 2011

Harold Wilson, Mempunyai Kriteria Pemimpin Ideal

Harold Wilson adalah perdana mentri Inggris yang hidup pada tahun 1916 – 1995. Selama menjadi seorang pemimpin, Harold pernah mengalami kisah cukup unik. Saat itu ia sedang menyampaikan pidato di sebuah la- pangan terbuka dan diikuti oleh ribuan penduduk Inggris.

Pada saat pidato tersebut berlangsung, tiba-tiba sebutir telur melayang dan mendarat tepat di wajahnya. Kejadian tersebut berlangsung sangat cepat, sampai-sampai petugas tak sempat melindungi Harold. Dilansir bahwa pelaku pelemparan yang nekad itu adalah seorang anak kecil berusia kurang dari 10 tahun.

Semula sang perdana mentri berniat membebaskan anak kecil itu. Tetapi belakangan ia meminta asistennya mencatat nama, alamat dan nomor telepon anak kecil tersebut. Tindakan Harold memancing protes warga. Masyarakat Inggris mengira Harold akan menjebloskan anak itu ke penjara jika sudah besar kelak. Kejadian tersebut sempat memicu rasa tidak senang di kalangan masyarakat Inggris atas kepemimpinan Harold.

Untuk menghindari kesalahpahaman, Harold-pun langsung mengumumkan kepada masyarakat Inggris tentang tujuannya mencatat nama dan alamat anak kecil itu. Ia ingin meluruskan maksud atau tujuan sesungguhnya. “Prinsip hidup saya adalah mencari tahu kewajiban saya ketika melihat kesalahan orang lain. Anak kecil itu sudah melempar wajah saya dengan telur, itu jelas perbuatan tidak sopan. Saya melihat kemampuannya melempar sangat luar biasa. Sehingga saya berkewajiban untuk memerintahkan mentri olah raga agar mengarahkan dan membina anak itu menjadi seorang olahragawan yang hebat di masa yang datang,” tegas Harold panjang lebar.

Pesan :

Harold memiliki salah satu ciri khas seorang pemimpin ideal. Salah satu kejadian diatas menunjukkan dirinya ingin melaksanakan tanggung jawab dengan baik, dengan melayani kepentingan seluruh warganya. Salah satu ciri khas pemimpin ideal jika ia terus sibuk mencari tanggung jawab yang mesti ia laksanakan, bukannya terus menuntut hak.

Ciri khas seorang pemimpin ideal lainnya adalah :

1. Memiliki kekuatan spiritual yang cukup tinggi, mengarahkan tindakan seorang pemimpin untuk selalu berusaha menegakkan kebenaran dan tidak tergoda untuk melakukan tindakan melawan hukum.
2. Mempunyai visi dan program kerja untuk kesejahteraan masyarakat, bukan untuk kepentingan diri sendiri atau golongan.
3. Berusaha mengayomi semua warganya tanpa membedakan warga yang kaya atau miskin, dan lain sebagainya.
4. Mempunyai kemampuan dan pengalaman dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat menuntaskan tanggung jawab dan menciptakan kemajuan di berbagai bidang.
5. Memiliki kerendahan hati, kepedulian yang tinggi terhadap rakyat.

Kriteria-kriteria tersebut menjadikan seorang pemimpin ideal semakin dicintai rakyatnya.

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes